Minggu, 13 Februari 2011

Present Perfect Continuous Tense

Nah tiba saatnya kita belajar tentang Present Prefect Continuous Tense. Tenses yang satu ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian, peristiwa, yang SUDAH terjadi dan MASIH berlangsung bahkan sangat mungkin AKAN berlanjut Dari dulu hingga kini bahkan nanti. Kata "sudah" atau "dari dulu" disini bisa saja waktunya kemarin, 2 jam lalu, se-abad lalu, bisa juga beberapa menit yang lalu. Intinya kejadian yang hendak diungkapkan dalam Present Pefect Continuous Tense ini sebenarnya mirip dengan Present Continuous Tense, hanya saja penekannya bukan pada saat ini, melainkan pada periode waktunya tadi itu: sudah, masih dan akan. Jelas ya?


 

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Positif        : S + have/has + been + Ving

Negatif        : S + have/has + not + been + Ving

Tanya        : Have/has + S + been + Ving


 

Kita coba dengan contoh, bentuk Present Tensenya begini: "Saya tinggal disini", bahasa Inggrisnya: "I live here". Kita coba masukkan ke Present Perfect Continuous Tense ya. Contohnya begini: "Saya sudah tinggal disini 2 tahun". Sudah disini kan? masih kan? besok belum pindah kan? Untuk kondisi ini kita gunakan Present Perfect Continuous Tense ini,

I have been living here for 2 years.

Tetapi kalau waktu Anda ngomong itu Anda sudah tidak tinggal disini lagi, misalnya baru saja pindah maka gunakan penekanan pada SUDAHnya saja seperti pada pelajaran Present Perfect Tense, I have lived here

Tetapi lagi,
Kalau Anda ingin mengatakan "tinggal disini" tersebut dulu, misalnya 2 tahun yang lalu tinggal disini, maksud saya, anda tidak menekankan pada USAInya anda tinggal itu tetapi fokus pada 2 tahun yang lalu itu, maka gunakan Past Tense saja: I lived here 2 years ago.

Biasakan saja, namanya juga perjuangan mau pandai Tense, pusing-pusing sedit tahan dan tetap lanjutkan. Kalo sudah pusing banget lebih baik praktekkan dulu yang sudah bisa bareng-bareng.


 

Berikut contoh-contoh Present Perfect Continuous Tense:

-She has been learning english for 3 years
-I have been teaching english since last year
-They have been touring since yesterday

Kira-kira masih tidak pelajarannya?

-She has not been learning english for 3 years
-… Anda coba yang 2.

-Has She been learning english for 3 years?
-Silahkan Anda coba juga yang selanjutnya…


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms