Minggu, 13 Februari 2011

Past Future Perfect Tense

Tense Bahasa Inggris Past Future Perfect Tense mempunyai persamaan pola dengan Future Perfect Tense biasa, perbedaannya hanya pada Past nya saja.

Contoh kasus untuk Past Future Prefect Tense

Kemarin ya, teman saya telepon dan katanya mau ke rumah saya jam 9. Ingat, ini kemarin. Wah waktu itu saya nda bisa terima tamu tuh jam segitu, karena pas jam 9 itu saya akan sedang berenang. Jadwal saya renang kemarin itu 8:30 sampai 10:00. Tetapi kalau jam 11 boleh. Karena jam 11 itu saya AKAN SUDAH berenang. Kapan akan sudah itu? kemarin, Past. Dalam situasi ini kita gunakan Past Future Perfect Tense: "I would have swum at 11 yesterday".


 

Rumus Past Future Prefect Tense

Positif        : S + would + have + V3

Negatif        : S + would + not + have + V3

Tanya        : Would + S + have + V3

Contoh Kalimat:
-I would have swum at 11 yesterday

Ingat, kata kerja bentuk-3 dari swim adalah swum (Swim – Swam – Swum).

Biasanya Tense ini, Past Future Perfect Tense ini, sering digunakan untuk berandai-andai. Dulu guru SMA saya bilang ini digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian yang "akan telah terjadi pada masa lampau jika syaratnya terpenuhi". Contohnya:

-He would have passed the examination If She had learned hard
Mestinya Dia sudah akan lulus jika saja dia telah belajar giat

-We would have arrived on time If we walked faster
Mestinya kita sudah tiba jika saja tadi jalan lebih cepat

Contoh Lain yang disederhanakan sesuai rumus:

-You would have worked …
-They would have driven home …
-She would have learned music …


 

Kalimat Negatif Past Future Prefect Tense

Untuk kalimat negatifnya kita cukup tambahkan "NOT" setelah kata "WOULD"

-You would not have worked …
-They would not have driven home …
-She would not have learned music …


 

Kalimat Tanya Past Future Prefect Tense

Untuk kalimat tanya cukum pindahkan kata "Would" ke depan

-Would You have worked …?
-Would They have driven home …?
-Would She have learned music …?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms