Minggu, 13 Februari 2011

Future Perfect Continuous Tense

Pejaran Tenses Bahasa Inggris Future Perfect Continuous Tense ini akan sangat mudah difahami jika Anda telah menguasai terlebih dahulu Present Perfect Continuous Tense, karena memang mirip polanya. Sudahkan Anda faham benar tentang Present Perfect Continuous Tense?

Jadi, Future Perfect Continuous Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa yang: akan, telah dan masih berlangung di masa datang. Bingung?

Memang mirip dengan Future Continuous Tense juga (sedang akan terjadi pada suatu saat di masa datang), hanya saja kalau dalam Future Perfect Continuous Tense ditekankan pada masa terjadinya yang lebih panjang (sudah mulai, masih terjadi, akan berlanjut) tetapi bukan sekarang melainkan di masa datang. Kalau itu sekaranga maka namanya Present Perfect Continuous Tense. Mirip kan? Bedanya memang hanya di Present dan Future nya itu. Ya, beda waktunya. Yang satu sekarang (present) dan satu lagi nanti (Future).

Contoh kasus Future Perfect Continuous Tense

Agar jelas, saya ulang lagi mulai dari contoh

Future Continuous Tense:

Anda telepon saya dan bilang mau ke rumah saya jam 9 besok. Wah saya nda bisa terima tamu tuh jam segitu, karena pas jam 9 itu saya akan sedang berenang. Jadwal saya renang itu 8:30 sampai 10:00.

Jadi jam 9 besok itu sedang renang kan? kapan renangnya? besok!. Itulah arti "sedang tetapi akan" ini. Sekarang Anda faham 100 persen kan? Dalam hal ini kita gunakan Future Continuous Tense: "I will be swimming at 9 tomorrow, You may not meet me at home".

Jika Seperti ini maka Future Perfect Tense:
Future Perfect Tense kan intinya "Sudah Akan atau Akan sudah". Dari kejadian di atas, kalo jam 11 kan saya SUDAH AKAN SELESAI berenang kan? Nah, kalo jam 11 besok saya sudah akan selesai berenang. Itulah yang saya maksud dengan SUDAH AKAN ini, Future Perfect Tense: "I will have swum".

Sekarang Perhatikan dengan sangat baik! ini bagian

Future Perfect Continuous Tense:
Dapat saya katakan bahwa jam 9 besok saya sudah akan sedang berenang selama 30 menit.

Besok kan? Yes, kan future.
Jam 9 Sudah mulai? Yes, kan mulainya jam 8:30
Masih akan terus kan? Yes, kan jadwalnya sampai jam 10:00.

Sudah, sedang, akan, di masa datang! Itulah inti dari Future Perfect Tense!.

jadi kalimat Future Perfect Continuous Tense lengkapnya begini:

-I will have been swimming for 30 minutes at 9 tomorrow

Perhatikan sesuai rumusnya berikut:


 

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Positif        : S + will + have + been + Ving

Negatif        : S + will + not + have + been + Ving

Tanya        : Will + S + have + been + Ving

Berikut ini contoh lagi untuk Future Perfect Continuous Tense, disederhanakan agar mudah difahami rumusnya. Konteks dipakainya kan sudah saya jelaskan di bagian atas.

-You will have been working
-They will have been driving home
-She will have been learning music


 

Bentuk Negatif Future Perfect Continuous Tense

Tinggal tambahkan NOT saja setelah Will.

-You will not have been working …
-They will not have been driving home …
-She will not have been learning music …


 


 

Bentuk Tanya Future Perfect Continuous Tense

Tinggal balik saja Will di depan:

-Will You have been working …?
-Will They have been driving home …?
-Will She have been learning music …?


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms