Minggu, 13 Februari 2011

Past Continuous Tense

Past Continuous Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa yang SEDANG TERJADI juga, tetapi bukan sedang terjadi sekarang, melainkan sedang terjadi DULU, sudah lewat. Loh sedang kok lewat? bukannya sedang itu artinya masa kini alias sekarang?. Oh ada juga sedang dulu. Mari kita bahas.

Seperti arti katanya, Past berarti "sudah lewat", sedangkan Continuous artinya "sedang". Contohnya gini:

Kemarin teman saya datang ke rumah saya, gedor-gedor pintu, tetapi tidak ada yang buka. Padahal saya ada di rumah, tetapi saat itu "Saya sedang tidur!". Kapan sedang tidurnya? Kemarin, saat teman saya itu datang. Bukan sekarang kan? Tetapi sedang! Itulah Past Continuous Tense.


 

Rumus Past Continuous Tense

Positif        : S + was/were + Ving

Negatif        : S + was/were + NOT + Ving

Tanya        : Was/Were + S + Ving

Contohnya:
I was sleeping when my friend came to my house yesterday

Perhatikan, "I was sleeping" adalah bagian Past Continuous Tensenya. Sedang tidurnya itu kemarin, saat teman saya datang ke rumah.

Jadi, Past Continuous Tense ini mirip sekali rumusnya dengan Present Continuous Tense, bedanya di TOBE nya yang menjadi bentuk kedua.

Ingat perubahan dan pasangan TO BE nya ya.

Tobe: is, am berubah menjadi WAS
Tobe: are berubah menajdi WERE

I, She, He, It, John, Merry pasangannya adalah WAS
We, They, John and Merry pasangannya adalah WERE.

Contoh kalimat lainnya:
-They were learning in the classroom when I came
Mereka lagi belajar di kelas ketika saya datang.

- I was writing
- Joko was sleeping
- … Ayo anda tambahkan sendiri


 

Kalimat Negatif Untuk Past Continuous Tense

Ini sangat mugah, tinggal menggunakan rumusnya, tambahkan NOT setelah Tobe (was/were). Ingat rumusnya kan? rumusnya: S + was/were + NOT + Ving. Misalnya dari contoh sederhana yang terakhir diatas, menjadi:

- I was NOT writing …
- Joko was NOT sleeping …
- … ayo Anda buat yang lain.


 

Kalimat Tanya Past Continuous Tense

Kembali lagi, yang penting Anda sudah faham penggunaannya seperti saya terangkan diatas. Untuk bikin kalimat tanya tinggal TOBE nya (was atau were) di depan. Berikut ini dari contoh diatas akan menjadi:

- Was I writing ….?

Contoh lain:
- Was Joko Sleeping …?

Tentu saja Anda bisa membuat kalimat yang sangat panjang untuk contoh-contoh ini. Saya bikin ringkas saja agar mudah difahami. Kapan akan lancar bahkan tanpa mikir lagi Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat Past Continuous Tense ini? Jawabnya adalah ketika Anda sering memakainya, baik dalam menulis ataupun berbicara.

Tambahan:
Yes, kalimat Past Continuous Tense sering digandeng dengan Past Tense, tentu saja maksudnya untuk mengatakan bahwa kejadiannya tersebut SEDANG terjadi tetapi di masa LAMPAU (lewat) ketika sesuatu yang lain terjadi. Bagimana jika ingin menyatakan LAMPAU nya saja tetapi tidak menekankan pada SEDANG TERJADInya itu? Yes, gunakan saja Past Tense.

Oke, demikian pelajaran singkat dan padat tentang Past Continuous Tense


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms