Minggu, 13 Februari 2011

Present Continuous Tense

Present Continuous Tense digunakan untuk menyatakan, mengatakan suatu yang sedang terjadi saat ini, sedang berlangsung saat ini. Misalnya: Saya sedang menulis sekarang, Anda saat ini sedang membaca pelajaran Present Continuous Tense yang saya tulis, Saya sedang jatuh cinta, dsb. Ada gambaran kan?.

Rumusnya:

Positif        : S + To be + Ving

Negatif        : S + To be+ Not+ Ving

Tanya        : To be + S + Ving

Jangan bingung, "Ving" maksud saya adalah Verb + ing. Nanti dalam pelajaran tenses yang lain saya akan menulis "Ving" ini berulang-kali. Pastikan Anda mengingatnya

Kalau "To be" nanti itu berganti dengan is, am, are. Tergantung pasangannya apa. Dalam bahasa Inggris setiap Personal Pronoun atau Kata Ganti Orang sudah ada pasangannya masing-masing. Present Continuous Tense tak akan pernah lepas dari To be ini. Seperti berikut:

I am
She is, He is, It is, John is, Mufli is, dan sebagainya.
You are, We are, The are, John and Mufi are

Present Continuous Tense ini digunakan jika kita menekankan pada "Sekarang" nya itu. Kalau kegiatan yang berulang-ulang seperti "I go to work everyday" tidak pake Present Continuous Tense tetapi Present Tense saja.

Berikut ini contoh kalimat Present Continuous Tense sesuai dengan rumus diatas:

- I am writing now (Saya sedang menulis sekarang)

- You are reading my article at present (Apa artinya?)

- She is waiting for you.

Kalimat Negatif Untuk Present Continuous Tense

Mudah saja kalimat Negatifnya, tinggal tambahkan NOT setelah To be. Ingat rumusnya kan? rumusnya: S + To be + Not + Ving.

Kalimat yang diatas tadi akan saya jadikan kalimat negatif :

- I am NOT writing now (Saya sedang tidak menulis sekarang)

- You are NOT reading my article at present (Apa artinya?)

- She is NOT waiting for you.

Kalimat Tanya Present Continuous Tense

Untuk kalimat tanyanya kita cukup tulis To be nya didepan.

Ini contoh Kalimat Tanya dalam Present Continuous Tense, saya pakai contoh kalimat yang diatas tadi tetapi untuk bertanya:

- Are you writing now? (Apakah kamu sedang menulis sekarang?)

- Are You reading my article at present? (Apa artinya?)

- Is She waiting for you.

Kata Ganti Penanya seperti What, Where, Which, Why, Who dan sebagainya dalam kalimat tanya ini. Contohnya begini:

-What are you writing now? (Lagi nulis apaan kamu sekarang?)
-What are you reading (lagi baca apa Anda?)
-Who is She waiting for


 

1 komentar:

Admin F mengatakan...

Saya sangat antusias sekali dengan artikel ini hehe, berkat artikel ini PR sekolah saya terbantu tentang contoh kalimat present continuos tense, nice posting your blog!

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms