Minggu, 13 Februari 2011

Future Perfect Tense

Sebelum belajar Future Perfect Tense pastikan Anda sudah memahami dan menguasai yang simple dulu ya seperti Future Tense, Present Tense, Present Continuous Tense dan sebagainya. Karena pengetahuan Tense bahasa Inggris itu berkaitan satu sama lain. Dengan memahami yang satu maka yang lain akan terasa jauh lebih mudah. Anda juga perlu membandingkan masing-masing Tense yang sama-sama Continuous, atau yang sama-sama Perfect. Dengan cara itu pemahaman Anda akan menjadi 100% dan rumusnya pun terasa gampang di luar kepala.

Ok kita kembali ke topik utama kali ini yaitu Future Perfect Tense.

Future Perfect Tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang "Sudah terjadi, tetapi AKAN". Akan sudah. Kalau Anda buka lagi pelajaran bahasa Inggris tentang Future Continuous Tense maka Future Perfect Tense ini pun akan sangat mudah difahami. Siapa bilang "sudah" itu hanya dulu? Sudah bisa juga "akan"!. Future artinya Akan, Perfect artinya sudah.

Ini contoh kasusnya:

Agar jelas, saya ulang lagi contoh Future Continuous Tense ya:

Anda telepon saya dan bilang mau ke rumah saya jam 9 besok. Wah saya tidak bisa terima tamu jam segitu, karena pas jam 9 itu saya akan sedang berenang. Jadwal saya renang itu 8:30 sampai 10:00.

Jadi jam 9 besok itu sedang renang kan? kapan renangnya? besok!. Itulah arti "sedang tetapi akan". Sekarang Anda faham 100 persen kan? Dalam hal ini kita gunakan Future Continuous Tense ya: "I will be swimming at 9 tomorrow, You may not meet me at home".


 


 


 

Nah sekarang perhatikan baik-baik!

Dari kejadian di atas, kalo jam 11 kan saya SUDAH AKAN SELESAI berenang kan? Nah, kalau jam 11 besok saya sudah akan selesai berenang. Itulah yang saya maksud dengan SUDAH AKAN ini, Future Perfect Tense: "I will have swum".

Kok swum? ya, bentuk kata kerja swim dari yang ke-1 sampai ke-3 adalah: swim – swam – swum. Bentuk ING nya swimming


 

Rumus Future Perfect Tense

Positif        : S + will + have + V3

Negatif        : S + will + not + have + V3

Tanya        : Will + S + have + V3

Lihat, karena Future maka ada Will. Ada juga kata kerja bantu "Have" bentuk pertama karena mengikuti Will. Karena Perfect maka pake Kata Kerja bentuk-3 dan saya tulis V3 (Verb 3).


 

Contoh Kalimat Positif Future Perfect Tense:
-I will have swum at 11 tomorrow

Dari contoh Future Continuous Tense jadi Future Perfect Tense seperti ini:

-You will have worked
-They will have driven home …
-She will have learned music

Silahkan tambahkan contoh sendiri untuk Future Perfect Tense ini.


 


 

Kalimat Negatif Future Perfect Tense

Mudah saja, sesuai rumusnya, tambahkan NOT setelah Will:
-You will not have worked …
-They will not have driven home …
-She will not have learned music …


 

Kalimat Tanya Future Perfect Tense

Mudah saja juga, sesuai rumusnya, letakkan Will di depan:
-Will You have worked …
-Will They have driven home …
-Will She have learned music …

Demikianlah tentang Future Perfect Tense.


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms